10 Destinasi Wisata Banjarmasin yang wajib di kunjungi

Kota banjarmasin memiliki lokasi yang strategis, karena wilayahnya diapit oleh dua sungai yang menjadikan wilayah tersebut sebagai aset wisata bahari yang ada di banjarmasin. Nama dua sungai itu adalah sungai barito dan sungai matapura yang bermuara di sisi bagian timur.

Bagi anda pecinta rekreasi tidak ada salahnya jika berwisata ke kota bajarmasin, selain terkenal dengan pasar terapung kota ini juga terkenal dengan tempat wisatanya yang begitu indah dan unik. Selain terkenal akan sungainya yang indah, banjarmasin terkenal akan keindahan bentang alam dan juga banyak tempat wisata lainya yang bisa anda kunjungi.

Penarasan dengan tempat-tempat wisata yang ada di kota yang memiliki julukan “kota seribu sungai”, mari simak langsung saja yuk daftar di bawah ini.

Destinasi Wisata Di Banjarmasin Terbaru

1. Pasar Terapung

Salah satu keunikan saat mengunjungi kota Banjarmasin yaitu pasar, pasar terapung ini menjadi salah satu ciri khas dari kota Banjarmasin. Pasar terapung adalah sebuah pasar yang melakukan transaksi jual beli yang dilakukan diatas perahu mengapung yang berada di air. Maka kita tidak perlu heran jika tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata yang paling banyak di kunjungi oleh wisatawan.

Pasar terapung ini berada tepat dimuara sungai barito di kelurahan kuin utara Banjarmasin. Pasar tersebut di perkirakan sudah ada sejak tahun 400 tahun lalu, pasar ini menjual berbagai macam dari hasil kebun sampai pakaian yang berlangsung dari jam 5 pagi sampai 7 pagi. Keunikan dari pasar ini yaitu tongkat dengan ujung kawat yang berfungsi untuk mengambil barang yang dibeli karena sulit untuk mendekati perahu.

👉Baca Juga:  10 Destinasi Wisata di Samarinda Kalimantan Timur

2. Taman Siring sungai Martapura

taman ini merupakan salah satu tempat wisata yang berlokasi di jalan kapten tendean, yang berada di tepian sungai martapura. Taman ini selalu ramai di kujungi wisatawan pada sore hari, dimana anda dapat melihat aktifitas jukung atau perahu di sungai khas Banjarmasin.

Nah, bagi pencinta pancing mania anda dapat menyalurkan hobi anda di tempat wisata ini. Selain menikmati panora alam sekitar yang indah, anda juga dapat bersantai di bangku yang telah di sediakan oleh warga setempat sambil mencicipi berbagai kuliner khas Banjarmasin. Pada hari minggu taman ini semakin ramai dengan adanya komunitas anak muda seperti skateboar dan BMX.

3. Taman Maskot

Tempat wisata berikutnya yaitu taman maskot kota banjarmasin yang terdiri dari dua mascot yaitu bekatan dan juga pohon kasturi, yang terletak di pusat kota Banjarmasin dijalan H. Djok Mentaya. Saat ingin memasuki gerbang anda akan disambut dengan patung bekatan yang memiliki uran sebesar manusia dewasa. Tak jauh dari situ, terdapat juga patung pohon kasturi yang dilengkapi dengan monyet-monyet  bergelantungan.

Jika anda melihat ke sebalah kanan gerbang masuk maka akan terlihat rumah tanaman yang berisi tanaman kaktus, lidah buaya dan berbagai jenis tanaman lainnya. di taman mascot ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang anda perlukan seperti toilet, mushola, lahan parkir, tempat bermain anak, bangku bangku taman beserta warung makana dan masih namyak yang lainya.

4. Museum Wasaka

Wasaka merupakan sebuah singkatan dari waja sampai kaputing adalah sebuah motto perjuangan rakyat Kalimantan selatan, terletak di jalan H. Andir kampung kenang Ulu banjaran selatan. Bangunan dengan arsitektur rumah adat Banjarmasin yang di dalamnya terdapat berbagai jenis koleksi foto, mesin ketik, sepeda tua, seragam perjuangan beserta dengan senjata seperti keris dan senjata api.

👉Baca Juga:  Daftar Hotel Super Murah Di Kota Batu

Keunikan lain dari museum ini yaitu terdapatnya sebuah naskah atau teks prokamasi yang di buat pada tahun 1949, hal ini di karena menurut perjanjian linggarjati Kalimantan tidak termasuk dalam wilayah Negara Kesatuan Republlik Indonesia (NKRI). Walaua demikian rakyat Kalimantan terus berjuang untuk menjadi bagian dari NKRI dan mereka berhasil menyatakan kemerdekaanya empat tahun setelah Presiden pertama republik Indonesia membacakan teks tersebut. Museum ini di buka setiap hari pada jam 08.30 sampai 12.30 kecuali hari senin dan hari libur nasional musium ini di tutup.

5. Pulau Kembang

Tempat wisata ini terletak di sekitar 1,5 km dari pusat kota Banjarmasin yang merupakan tempat yang menjadi habitat monyet serta beberapa jenis burung. Menurut masyarakat setempat, di pulau ini terdapat juga seekor monyet besar yang biasa disebut raja monyet. Keunikan dari pulau ini yaitu adanya sebuah kuil dan altar dengan arca yang berbentuk monyet putih dan hanoman.

Altar tersebut biasa di gunakan oleh warga tionghoa untuk meletakan sesaji pada waktu atau saat tertentu saja. Jika ingin mengunungi tempat ini sebaiknya anda harus waspada terdapat barang bawaan, karena monyet monyet ditempat ini penasaran dan biasanya sering merampas barang bawaan anda. Untuk harga tiket masuk ke tempat ini anda harus membayar sebesar Rp. 25.000 untuk wisatawan lokal sedangkan untuk wisatawan mancannegara anda harus membayar sebesar Rp. 50.000.

6. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid ini biasa disebut juga dengan masjid kuin, karena lokasi mesjid tersebut terletak di kelurahan kuin utara yang merupakan salah satu mesjid tertua di kota Banjarmasin. Keunikan dari masjid ini sendiri yaitu memiliki sebuah mihrab atau tempat imam yang memiliki atap sendiri yang terpisah dari atap bangunan utama masjid.

👉Baca Juga:  15 Kolam Renang di Tulungagung yang Populer

7. Masjid Sabilal Muhtadin

Masjid yang memiliki lima menara ini merupakan salah satu masjid terbesar di Banjarmasin yang mampu menampung sekitar 15.000 orang jemaah. Mesjid yang dibangun pada tahun 1981 kini merupakan tempat wisata religi yang wajib di kunjungi wisatawan lokal maupun luar kota,  masjid ini terletak di kelurahan Antasan besar Banjarmasin tengah.

8. Pasar Intan Martapura

Pasar yang terletak sekitar 45 km dari pusat kota Banjarmasin tepatnya berada di jalan ahmad yani martapura, merupakan tempat wisata bagi penggemar batu permata. Martapura memang terkenal akan hasil tambang batu permata terbesar yang ada di Indonesia, di tempat ini anda dapat membeli batu permata dalam bentuk batuan atau pun yang telah di oleh seperti (cincin, kalung, bros dll).

9. Pasar kuliner tepian sungai martapura

Nah pasar yang terletak di jalan pos yang menghubungkan antara jalan sudirman dan jalan hasanudin, merupakan tempat wisata kuliner khas Banjarmasin yang dapat memanjakan lidah anda. Hampir terdapat 52 kios makanan khas banjaran di sepanjang jalan 300 meter seperti soto banjar, nasi kuning dan masih banyak lagi.

10. Kampung sasirangan

Lampung ini merupakan tempat wisata pusat oleh-oleh, disini anda dapat menemukan batik sasirangan yaitu merupakan batik khas Banjarmasin yang terletak di seberang mesjid kampung melayu.

Tak hanya dapat membeli batik tersebut anda juga dapat mellihat proses pembuatan batik tersebut yang menjadi cirri khas dari batik ini yaitu warnanya yang cerah. Di tempat ini anda dapat membeli batik dalam bentuk kain, selendang, pakaian, taplak meja, tas, dompet dll.

Demikianlah pembhasan tentang 10 destinasi wisata di banjarmasin yang wajib di kunjungi, semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi bagi anda yang ingin berliburan.