10 Destinasi Wisata di Samarinda Kalimantan Timur

Samarinda merupakan wilayah yang berada di kalimantan timur. Wilayah samarinda memiliki luas tanah sekitar 718 km persegi dan di kelilingi oleh puluhan danau, gunung dan hutan yang luas. Karena pulau ini berada di wilayah indonesia, maka dari itu wilayah ini mempunyai segudang panorama yang indah dan juga mempesona. Selain itu banyak juga situs peninggalan sejarah yang mempunyai banyak makna tersendiri.

Kota yang terkenal akan kerajinan kain tenun bermotif kotak-kotak dengan warna yang beragam, siapa lagi kalau bukan kota samarinda. Selain kerajinan kain tenunnya, ternyata kota yang yang merupakan provinsi dari Kalimantan timur ini memiliki beberapa tempat wisata yang menarik dan sayang jika di lewatkan.

Kali ini Ayande Online telah mengumpulkan dari berbagai sumber tentang tempat wisata apa saja yang paling banyak di kunjungi wisatawan dari berbagai daerah di indonesia. Berikut ini adalah 10 rekomendasi tempat wisata di samarinda yang wajib anda kunjungi, mari kita bahas bersama-sama.

1. Wisata Air Terjun Tanah Merah

Tempat wisata ini terletak di dusun purwosari kecamatan samarinda, keunikan dari tempat ini terletak pada air terjun. Air terjun dengan ketinggian 15 meter jika dilihat dari atas terlihat jerih dan bersih, tapi jika air sudah di bawah akan berubah menjadi keruh kemerahan.

Air yang berubah menjadi keruh kemerah di karena tanah di kawasan air terjun ini berjenis tanah gambut. Pengunjung dapat bersantai di gazebo yang disediakan sambil menikmati berbagai macam makanan yang tersedia di warung sekitar. Jangan khawatir bagi para pengunjung yang datang bersama anak-anak, ditempat ini juga tersedia arena bermain anak.

👉Baca Juga:  13 Rekomendasi Tempat Wisata Puncak Dan Sekitarnya

2. Tempat Wisata Desa Budaya Pampang

Berkunjung ke tempat ini pengunjung dapat melihat dan belajar mengenai budaya masyarakat setempat serta budaya lain. Desa tersebut di huni oleh suku dayak, wisata desa budaya ini selalu ramai dikunjungi oleh berbagai wisatawan lokal maupun luar negeri. Pada akhir pekan mulai pukul 13.00 sampai 15.00 di tempat ini akan diadakan pertunjukan seni dimana masyarakat setempat semua akan mengenakan baju adat.

Pertunjukan tersebut diadakan di gedung pertemuan desa atau masyarak setempat menyebutnya lamin, lamin merupakan bangunan dengan arsitektur berupa rumah adat dayak dengan ukiran khas suku. Di sini para pengunjung dapat menyewa pakaian adat untuk berselfie dengan latar rumah adat dayak. Selain berfoto dengan menggunakan baju adat, pengunjung juga dapat berbelanja beragam souvenir yang merupakan hasil kerajinan masyarakat setempat.

3. Kebun Raya Unmul Samarinda

Tempat wisata kebun raya unmul samarinda merupakan sebuah hutan pendidikan yang di miliki Universitas Mulawman, akan tetapi terbuka untuk umum. Kawasan wisata ini terletak sekitar 10 km dari pusat kota dengan tiket masuk Rp. 25.000 / orang, buka dari hari sabtu sampai kamis mulai jam 09.00 sampai 16.00.

Untuk dapat berkeliling kawasan ini pengunjung dapat menaiki andong dengan menyewanya, di tempat ini juga terdapat sebuah danau besar yang dapat anda kelilingi dengan menggunakan sepedah air. Selain itu juga, di tempat wisata ini juga terdapat kebun binatang mini serta museum kayu yang berisi mengenai infomasi sagala jenin kayu yang ada di provinsi Kalimantan.

4. Telaga Permai Batu Besaung

Tempat wisata ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi untuk berkemah, karena talaga permai merupakan kawasan hijau. Selain berkemah, anda juga dapat menikmati keindahan panorama alam di kawasan ini sekaligus berendam dan bermain air. Talaga ini berjarak sekitar 15 km dari pusat kota samarinda.

👉Baca Juga:  Rekomendasi Tempat Wisata Di Kota Manado Sulawesi

5. Tempat Wisata Kumala Tenggarong

Meskipun tempat wisata ini berada di wilayah tenggarong, namun wisata pulau kumala ini masih identik dengan wilayah samarinda. Di pulau ini anda akan menemukan berbagai macam atraksi yang indah dan seru, mulai dari kereta gantung, gokar, jet coaster, komedi putar dan kereta api mini yang berfungsi untuk anda yang ingin berkeliling di area wisata setempat.

6. Tempat wisata Lembah Hijau

Hanya cukup membayar tiket sebasar Rp. 25.000 untuk memasuki kawasan wisata lembah hijau ini, yang terletak di jalur samarinda bontang km 15. Di tempat ini pengunjung dapat melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti flying fox, arena bermain anak, replika hutan, kolam renang, gazebo, kolam pancing, kafetaria serta camping group dan bersantai di taman bunga. Tak hanya itu saja di tempat wisata ini juga terdapat lokasi outboand dengan harga tiket sebesar Rp. 180.000 / orang.

7. Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid ini merupakan sebuah tempat ibadah sekaligus kawasan tempat wisata religi yang banyak diminati. Masjid Islamic ini dibangun pada tahun 2001 dan pada tahun 2008 tempat ini diresmikan. Arsitek banguan ini terispirasi dari hagia Sophia di turki, hal ini terlihat dari kubah mesjid yang bermotif. Mesjid dengan bangunan megah ini berlokasi di kelurahan teluk lerong ulu, samarinda.

8. Kampung Tenun Samarinda

Kampung tenun adalah sebuah tempat dari kerajinan kain tenun khas samarinda yang berada di kecamata samarinda seberang, dimana terdapat dua kampung yang merupakan pusat dari kerajinan tersebut yaitu kampung masjid dan kampung seberang.

Selain dapat membeli kain tenun tersebut, pengunjung juga dapat melihat secara langsung proses pembuatan dari kain tenun dengan menggunakan alat tenun. Proses pembuatan kain tenun tersebut dapat memakan waktu selama 3 sampai 7 hari tergantung dari kesulitan motif tenun itu sendiri. Maka tak heran jika harga sehelai kain ini dapat mencapai satusan sampai jutaan juta rupiah.

👉Baca Juga:  Daftar Hotel Super Murah Di Kota Batu

9. Wisata Air Terjun Pinang Seribu

Sebuah kawasa wisata yang terletak di kelurahan sempaja utara, samarinda utara. keunikan dari tempat wisata ini yaitu bentuk seperti undakan anak tangga yang dapat dinaiki. Air di kawasan ini pun relatik tenang atau tidak terlalu deras, jadi aman untuk bermain bersama anak-anak.

Selain beramain air pengunjung juga dapat menikmati kegiatan lain seperti memancing dikolam dengan membayar Rp. 20.000 sepuasnya, serta berkeliling danau buatan dengan menyewa sepedah air dengan harga Rp. 35.000. pengunjung dapat bersantai di gazebo sambil menikmati makanan dan bagi pengunjung yang ingin menikmati Susana malam hari dapat menyewa villa di kawasan wisata tersebut. Harga tiket masuk kawasan air terjun adalah Rp. 15.000 / orang.

10. Pulau Beras Basah

Tempat wisata ini terletak di bontang, Kalimantan timur di selat makasar. Untuk dapat sampai ke tempat wisata ini dapat di tempuh dengan waktu sekitar 3 jam dari kota samarinda. Keindahan panorama alam, hamparan pasir, panorama alama bawah laut yang indah putih serta air laut yang jernih berwarna kebiruan dapat menghilangkan rasa suntuk selama perjalanan.

Jika ingin berlibur ke tempat ini jangan lupa untuk menyiapkan dan membawa bekal makanan secukupnya, karena pulau ini masih alami dan tidak berpenghuni. Untuk mendapatkan penginapan anda dapat mencari di kota bontang.

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan pembaca mengenai 10 destinasi wisata di samarinda yang paling ramai di datangi oleh wisatawan dari berbagai daerah.