10 Rekomendasi Tempat Wisata Di Pekanbaru

Jika anda seorang pecinta traveling tidak ada salahnya mencoba berlibur ke kota pekan baru. Di kota Pekanbaru memang masih sangat kental akan budaya melayu, hal ini dapat terlihat dari busaya atau pakaian yang di kenakan oleh kebanyak perempuan yaitu memakai baju kurung sepanjang lutut.

Tak hanya itu kota yang merupakan ibu kota dari provisi riau ini memang di kenal sebagai kota bisnis. Setidaknya ada sekitar 170 perkebunan sawit yang mengirim produk mentah serta olahan ke berbagai wilayah di luar negeri.

Daftar Destinasi Wisata Pekan Baru Yang Menarik

Selain banyak terdapat lahan perkebunan sawit, pekan baru juga memiliki tempat wisata yang tak kalah menariknya dari kota lain di Indonesia. Berikut ini Ayande Online telah merangkum 10 rekomendasi tempat wisata di pekanbaru.

Riau Fantasi

Riau fantasi merupakan sebuah taman rekreasi terpadu terlengkap serta terbesar di Sumatera yang berada diatas lahan sekitar 6,5 hektar, terletak di dijalan lebersa atau 45 menit dari pusat kota pekanbaru. Riau fantasi atau di kenal juga dengan nama labersa water dan theme park, sesuai namanya tempat wisata ini terbagi menjadi 2 wahana permaian yaitu wahana basah dan wahana kering.

Taman rekreasi ini di lengkapi dengan fasilitas mendukung lainnya seperti toilet, mushola, kafetaria, gazebo serta fasilitas free Wifi. taman permainan di buka setiap hari dengan harga tiket hari kerja Rp. 60.000, sedangkan akhir pekan atau hari libur Rp. 70.000.

Masjid Senapelan

Masjid Senapelan merupakan salah satu dari peninggalan kesultananan Siak yang sekarang di kenal dengan nama masjid raya pekanbaru, masjid ini merupakan mesjid tertua di riau yang dibangun pada tahun 1762.

👉Baca Juga:  10 Destinasi Wisata di Aceh yang Paling Ramai

Dahulu di mesjid ini terdapat sumur tua, konon katanya sumur tersebut dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Namun saat ini sumur tersebut sudah di tutup karena ada beberapa alasan.

Masjid Agung An Nur

Kemegahan dari mesjid Agung An Nur disebut sebut sebagai Taj Mahal nya pekanbaru, dengan perpaduan arsitektur bergaya india, melayu, arab serta turki. Masjid agung ini memiliki bangunan utama berukuran simetris 50 x 50 dengan sebuah kolam besar yang di hiasi dengan air mancur berada tepat di depannya, sehingga membuat bangunan mesjid ini seperti tajmahal yang berada di negara India.

Warna banguan ini di dominasi oleh warna hijau yang terdiri dari 3 lantai, dengan kapasitas yang dapat menampung kurang lebih 4.500 jemaah. Masjid ini memiliki lima buah kubah serta empat menara besar. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, mesjid agung An Nur menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Saat menjelang bulan ramadhan, kawasan ini sering di jadikan lokasi ngabuburit serta terdapat banyak pedagang yang menjajakan berbagai kuliner, parfum, pakaian serta asesories lainnya. di kawasan mesjid ini juga di lengkapi dengan fasilitas free Wifi yang dapat anda gunakan tanpa ada batasan.

Danau buatan Lembah Sari

Terletak di desa limbungan atau berada di sekitar 10 km dari arah pusat kota pekanbaru. Pada awalnya tempat ini merupakan sebuah irigasi yang berfungsi untuk mengaliri air ke pesawahan yang ada di sekitar tempat itu.

Hingga pada akhirnya bendungan tersebut di jadikan sebagai salah satu tempat wisata di pekanbaru yang di kelilingi oleh perbukitan. Tempat ini sangat cocok di gunakan untuk piknik karena terdapat banyak pepohonan rindang dengan udara yang sejuk yang membuat anda betah di bawahnya.

👉Baca Juga:  21 Kolam Renang Di Blitar Yang Populer

Dekranasda Pekanbaru

Dekranasda adalah sebuah singkatan dari dewan kerajinan nasional, merupakan sebuah tempat wisata belanja yang menjajakan berbagai jenis oleh-oleh pekanbaru yang khas. Karena itu tidak heran jika tempat ini menjadi tujuan bagi banyak wisatawan yang sedang berlibur di kota pekanbaru.

Kebun Binatang kasang Kulim

Kebun binatang ini berada di atas lahan seluas 10 hektar, tempat ini banyak di kunjungi wisatawan pada akhir pekan. Wisata kebun binatang dapat menjadi salah satu alternative yang di sukai anak-anak, karena mereka dapat mengenal berbagai jenis bitang secara langsung.

Tempat wisata ini dapat di tempuh kurang lebih sekitar 30 menit dari pusat kota, untuk tiket masuknya juga sangat murah, hanya di bandrol dengan harga Rp. 20.000 untuk dewasa, sedangkan anak-anak Rp. 10.000.

Taman Alam Mayang

Yaitu sebuah taman rekreasi yang berada di alam terbuka, di kelilingi oleh perbukitan serta udara sekitar yang sangat sejuk jadi sangat cocok untuk di jadikan sebagai tempat wisata bagi keluarga. Obyek wisata ini berada diatas lahan seluas 24 hektar yang memiliki berbagai macam kegiatan seperti flying fox, berbagai kegiatan outbound, sepedah air, bola air raksasa studio film 3D, topeng monyet dan masih banyak lagi.

Taman hiburan ini buka setiap hari pada jam 8 pagi sampai 6 sore, dan untuk harga tiket masuk anda hanya harus membayar Rp. 20.000 untuk orang dewasa ataupun anak-anak.

Istana Siak Sri Indrapura

Merupakan bangunan peninggalan kerajaan islam terbesar di riau sekitar abad ke 16-20. Istana ini di bangun oleh seorang sultan Syarief Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin pada tahun 1889, dengan arsitek bangunan bergaya eropa, arab dan melayu.

👉Baca Juga:  13 Destinasi Wisata Papua Yang Wajib Dikunjungi

Perpusatakaan Soeman H.S

Merupakan kawasan wisata berupa perpustakaan yang menarik dan bermanfaat, terletak di jalan Jenderal Sudirman 462 pekanbaru. Nama bangunan perpustakaan ini di ambil dari nama seorang penulis novel asli yang berasal dari Riau yaitu Soeman H.S.

Bangunan ini terlihat sangat unik jika kita lihat dari luar, karena bentuknya seperti papan alas atau rehal yang di gunakan untuk membaca Al-quran. Banguan perpustakaan ini terdiri dari 6 lantai yang juga di lengkapi berbagai fasilitas seperti ruang pertemuan, mushola, kafe, auditorium, ruangan membaca yang berAC dan kantin.

Wisata ini terbuka untuk umum bahkan anak-anak karena di perpustakaan ini juga memiliki ruangan khusus anak yaitu Children Library dan kids corner, serta tidak lupa di lengkapi dengan fasilitas internet gratis. Perpustakan ini di buka setiap hari pada jam kerja mulai pukul 8 pagi sampai 5 sore, sedangkan akhir pekan dari jam 9 sampai 2 siang tanpa di pungut biaya sedikitpun atau gratis.

Pasar Bawah

Merupakan salah satu ikonnya kota pekanbaru, pasar bawah ini merupakan sebuah pasar tradisional tertua yang terdiri dari 4 lantai, dengan perpaduan bangunan bergaya melayu dan tionghoa. Askes untuk menuju lokasi ini sangatlah mudah, karena terletak di tepi sungai Siak serta dekat dengan pelabuhan.

Tempat ini menjual berbagai jenis makanan khas pekan baru seperti ikan salai, dodol kedongdong, lempuk durian bahkan sampai cokelat serta permen yang berasal dari Negeri sebrang. Selain menjua berbagai jenis makanan, di tempat ini juga anda dapat menemukan berbagai aneka jenis keramik khas china, karpet khas timur tengah serta barang elektronik bekas yang masih layak pakai dari luar negeri (singapura dan Malaysia).

Semoga artikel tentang 10 rekomendasi tempat wisata di pekanbaru dapat menjadi alternative tujuan anda saat berada di kota pekanbaru, riau.